Program Kerja Departemen Pendidikan dan Penelitian

KULIAH UMUM

BEM FIP UMJ MENGADAKAN KULIAH UMUM PENDIDIKAN 2023 GUNA MEMPERKUAT PANDANGAN MAHASISWA BARU 2023 TERHADAP GURU

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM FIP UMJ) Periode 2023/2024 sukses melangsungkan kegiatan Kuliah Umum Pendidikan dengan tema yang diusung yaitu, “Menggali Esensi Pendidikan Guna Mempersiapkan Peluang 2027 yang Sukses”.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan dan Penelitian BEM FIP UMJ. Kegiatan ini pun berlangsung dalam waktu satu hari yaitu bertepatan pada Hari Senin, 20 November 2023. Kegiatan tersebut dilangsungkan dalam bentuk hybrid. Dengan kegiatan daring melalui aplikasi Zoom Meeting, serta luring yang bertempatan di Auditorium FIP UMJ, Cireundeu, Kota Tangerang Selatan pada pukul 08.30 WIB s.d. 12.00 WIB.

Kegiatan Kuliah Umum ini dimaksudkan untuk merancang, mempersiapkan, dan menata Mahasiswa/i Aktif FIP UMJ tahun 2023 dalam ranah Pendidikan sebagai bentuk kebermanfaatan bagi Mahasiswa/i melalui materi yang diangkat diharapkan akan membangun motivasi dan pandangan mereka di tahun 2027 serta mempersiapkan pemahaman terkait prospek kerja dalam dunia pendidikan.

Saat pelaksanaan pembukaan kegiatan Kuliah Umum tersebut dihadiri langsung oleh Pimpinan Fakultas yaitu Ayahanda Prof. Dr. Iswan, M.Si. selaku Dekan FIP UMJ, Ibunda Dr. Diah Andika Sari, M.Pd. selaku Wakil Dekan 2 FIP UMJ, dan Ketua DPM FIP UMJ yaitu Kakanda Muhammad Iqbal Ramdhani, juga tamu undangan yaitu Ketua Progam Studi FIP UMJ.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahasiswa BEM FIP UMJ yaitu Kakanda Almahdi Fidmatan menyampaikan

“…pondasi dalam membangun sebuah bangsa atau suatu komunitas itu maju adalah bagaimana identitas pendidikan yang hidup di dalam situ, pendidikan sebenarnya menjadi salah satu hal yang sangat fundamental baik dalam membangun tatanan SDM-nya maupun tatanan-tatanan selanjutnya”

Lebih lanjut dalam menutup sambutannya, Kakanda Almahdi menuturkan ungkapan kata

“…dalam semua tempat pendidik itu berguna dan bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi seluruh orang. Salam cinta salam perjuangan, dengan nama cinta kita berjuang”

Kemudian dalam sambutannya, Ayahanda Prof. Dr. Iswan, M.Si. selaku Dekan FIP UMJ menyampaikan bahwa dunia pendidikan harus bisa mengikuti perkembangan masa depan di era serba teknologi. Beliau juga sekaligus membuka kegiatan Kuliah Umum ini secara resmi.

“…pembelajaran masa depan itu harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat di mana transformasi digital sekarang ini sangat cepat maka dunia pendidikan pun harus mengikuti perkembangan teknologi era kedepan. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Kuliah Umum pada pagi hari ini dengan tema Menggali Esensi Pendidikan Guru Mempersiapkan Peluang Tahun 2027 Yang Sukses dengan resmi saya buka”

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 250 Mahasiswa/i Aktif FIP UMJ, namun lebih dikhususkan bagi Mahasiswa/i baru FIP UMJ tahun 2023. Dalam kegiatan Kuliah Umum ini narasumber dari Guru Besar FIP UMJ Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A., menyampaikan materi Pendidikan Plus Karakter bahwa kuliah dibidang pendidikan tidak hanya terbatas menjadi guru saja, namun bisa lebih.

“…anda benar menjadi guru, boleh juga tidak jadi guru, boleh jadi Kepala Dinas Pendidikan, boleh jadi kepala dinas dikantor-kantor tentang kependidikan. Enggak apa-apa kalian tidak guru tetapi memegang kebijakan tentang pendidikan, boleh jadi Menteri, boleh jadi anggota DPR, boleh jadi kepala sekolah”

Prof. Dr. Iza Fadri juga turut menjelaskan bahwa menjadi guru itu adalah panggilan jiwa, karena kebutuhan guru ini tidak akan pernah berhenti seiring dengan perkembangan dari masyarakat, serta kebutuhan untuk pendidikan akan terus bertambah tidak hanya bersifat formal tetapi juga informal.

Kegiatan ini berjalan lancar sampai selesai. Diakhir kegiatan peserta Kuliah Umum diminta mengisi form feedback kepuasan yang diwadahi oleh BEM FIP UMJ serta saran dan harapan untuk materi yang akan diusung kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *