Program Kerja Departemen Pendidikan dan Penelitian

PODIUM

Pojok Diskusi Umum (PODIUM) sebagai kegiatan berdiskusi Mahasiswa/i Aktif FIP UMJ

Kegiatan Pojok Diskusi Umum dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan dan Penelitian Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta Periode 2023/2024 dengan tema “Membangun Budaya Diskusi yang Inklusif”.

Pojok Diskusi Umum membahas tiga materi yang berbeda tiap pertemuannya di mana meliputi tentang Mengenal, Memahami, dan Mempelajari Peraturan, Eksistensi Organisasi Diperlukan atau Tidak? dan Potret Pedidikan Indonesia. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali pada bulan April, Mei, dan Juli dengan sasaran Mahasiswa/i Aktif FIP UMJ.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Mahasiswa/i Aktif FIP UMJ tentang keorganisasian di lingkungan kampus juga kondisi pendidikan yang terbaru saat ini serta menjadi forum diskusi untuk merangsang pemikiran kritis Mahasiswa sebagai kaum intelektual.

PODIUM pertama dilaksanakan pada Hari Rabu, 04 April 2024 bertempat di Lingkungan FIP UMJ yang diisi oleh Muhammad Iqbal Ramdhani selaku Ketua Umum DPM FIP UMJ Periode 2023/2024, yang mana membahas mengenai peraturan yang ada dan digunakan dalam lingkungan kampus. Dengan mengenal, memahami, dan mempelajari peraturan adalah hal yang sudah sewajarnya diketahui sebagai Organisatoris.

Lalu, PODIUM kedua dilaksanakan pada Hari Kamis, 08 Mei 2024 di Lingkungan FIP UMJ. Pertemuan ini dibuka oleh Niswah Zahrotul Jannah dan Akhira Mahalia sebagai pemantik selaku Departemen terkait di mana membahas mengenai eksistensi Organisasi di lingkungan kampus. Membahas histori awal Organisasi di Indonesia yang menjadi cikal bakal lahirnya kebutuhan Organisasi di masyarakat khususnya kaum muda. Berkenaan dengan hal itu, peserta memahami bahwa eksistensi Organisasi masih diperlukan di berbagai lingkungan.    

Dan terakhir, PODIUM ketiga dilaksanakan pada Hari Senin, 08 Juli 2024 di Lingkungan FIP UMJ. Dalam pertemuan ini diisi oleh Peserta LKTF 2024 di mana membahas mengenai isu-isu pendidikan yang terjadi pada saat ini. Dalam forum ini banyak peserta yang mengutarakan pendapat terkait pendidikan di Indonesia, salah satunya permasalahan terbatasnya akses pendidikan di daerah yang jauh dari kota. Berkenaan dengan masalah yang ada, Mahasiswa berdiskusi mengenai upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pendidikan Indonesia, salah satunya dengan mengadakan pelatihan guru guna meningkatkan jumlah guru berkualitas di Indonesia.

Berdasarkan hal di atas kegiatan PODIUM telah dilaksanakan dengan muatan ketiga materi, menjadikan peserta mengetahui lebih dalam mengenai hal-hal yang ada di ruang lingkup Mahasiswa. Dengan melakukan pertukaran pikiran dan pendapat dalam forum diskusi antar pemateri dan peserta dapat merangsang pemikiran kritis Mahasiswa untuk lebih membuka mata terhadap isu-isu pendidikan yang sedang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *