HIMAPAUD FIP UMJ

SELF LOVE

Mencintai diri sendiri atau self love merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap manusia, kenapa? Karena sebelum mencintai orang lain lebih baik kita mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Tetapi, self love bukan berarti kita memenuhi segala keinginan diri, tetapi lebih ke memperlakukan diri sendiri dengan baik dan mengapresiasi diri sendiri. Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena setiap orang memiliki pencapaian yang berbeda. Hal yang perlu dilakukan adalah mengembangakan potensi diri dan berusaha semampunya, jangan terlalu di paksakan. Meskipun self love memiliki tujuan untuk memberikan kebahagiaan pada diri sendiri, tetapi jangan lupa akan hak-hak orang lain. Kita berhak bahagia dengan cara kita tanpa harus mengorbankan orang lain.

Self love adalah sebuah perilaku positif berupa menerima dan menghormati diri sendiri. Self love sangat berkaitan dengan kesehatan mental karena dilakukan dengan melihat, memikirkan, serta memperlakukan diri sendiri sebaik mungkin. Karena itu, perilaku ini turut mendorong seseorang untuk memiliki pandangan positif sebagai bentuk penerimaan diri. Dan Lebih tepatnya, self love adalah perilaku berupa mencintai dan memperlakukan diri sendiri dengan rasa hormat. Perilaku ini juga turut mendorong seseorang untuk merasa bahagia dan bangga dengan hidupnya. Maka dari itu, pentingnya untuk mencintai diri kita sendiri.

Self love tidaklah berarti apa-apa jika kita tidak mengenali diri kita sendiri terlebih dahulu, maka dari itu mengenali diri sendiri adalah hal paling penting, seperti apa kesukaan kita, apa hal yang tidak kita suka, ketakutan apa yang kita rasakan dan hal apa yang menjadi sumber semangat kita. Jika kita sudah mengenal diri kita sendiri, maka kita dapat menentukan jalan hidup seperti apa yang akan kita ambil, misalkan dalam bergaul dengan lingkungan sekitar.

Self love dapat dilakukan dengan cara paling sederhana, misalnya seperti butterfly hug yang dapat kita lakukan pada diri sendiri sebagai cara untuk mengapresiasi atau menghargai pencapaian kita. Butterfly hug juga bisa kita lakukan ketika kita sedang putus asa atau ketika kita berhasil melakukan suatu hal sesuai dengan kemampuan kita. Hal itu sebagai salah satu cara menghargai diri sendiri, dengan begitu kita akan merasa lebih bersemangat lagi dan lebih menghargai diri sendiri. Selain butterfly hug, self love dapat dilakukan dengan membeli makanan kesukaan, jalan-jalan, berbelanja, melakukan hobi, dan masih banyak cara lainnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah jangan menjadi orang yang selalu mementingkan orang lain melebihi diri sendiri, karena pada dasarnya hanya diri kita sendiri yang selalu ada disaat kita terpuruk dan berada di titik terendah. Percayalah dengan kalimat “People come and people go” kerena tidak semua orang selalu ada di samping kita, maka dari itu cintailah dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain. Apabila suatu saat orang-orang meninggalkanmu, setidaknya kamu masih punya diri sendiri yang bisa diandalkan dan kamu masih punya Allah SWT. 

Semangat, cintailah dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain.

Salam hangat dari Dian dan Tiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *