SOSIAL

PERBEDAAN INFOGRAFIS DAN POSTER

INFOGRAFIS

Pengertian Infografis

Pengertian infografis atau (dalam kbbi) infografik adalah data dan informasi yang disajikan dalam bentuk visual. Infografis berasal dari kata Infographics (in English) yang merupakan singkatan dari Information dan Graphics. Proses pembuatan infografis disebut visualisasi data, desain informasi, atau arsitektur informasi.

Infografis bukan hanya sekadar gambaran visual, tapi juga kumpulan gambar, grafik data yang menarik seperti diagram lingkaran dan grafik batang, beserta teks minimal yang lebih mudah dipahami inti pembahasannya.

Tujuan Infografis

Dilansir dari situs venngage.com, tujuan dari infografis adalah sebagai alat yang bisa menarik perhatian dan lebih mudah dipahami untuk komunikasi visual.

Infografis yang paling unik dan kreatif secara visual seringkali menjadi pilihan berkomunikasi paling efektif karena bisa menarik perhatian pembaca.

Selain itu, infografis juga kerap digunakan untuk menjelaskan topik yang kompleks dengan cara yang ringkas dan mudah dipahami. Berbeda dengan poster yang digunakan untuk mengiklankan atau mempromosikan produk maupun acara.

Jenis-Jenis Infografis

1. Infografis Statistis

Infografis ini menampilkan data numerik dengan bantuan grafik, diagram, dan visualisasi lainnya untuk memberikan gambaran visual yang jelas tentang statistik dan angka.

2. Infografis Informasi

Jenis ini fokus pada penyampaian informasi secara detail melalui kombinasi teks dan visual yang mudah dipahami, membantu pengguna memahami konsep-konsep kompleks.

3. Infografis Garis Waktu

Infografis ini menggambarkan peristiwa dalam urutan kronologis, membantu menampilkan perkembangan waktu dan hubungan antara berbagai peristiwa.

4. Infografis Proses

Ini digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah atau proses, seringkali melalui diagram aliran atau gambar yang membantu pemahaman proses tertentu.

5. Infografis Geografi

Infografis ini fokus pada data geografis seperti peta, lokasi, dan informasi terkait wilayah atau tempat tertentu.

6. Infografis Perbandingan

Jenis ini membandingkan beberapa set data atau elemen, seringkali menggunakan diagram batang, lingkaran, atau tabel perbandingan.

7. Infografis Hierarki

Infografis ini menggambarkan struktur hierarki atau hubungan antara elemen dengan menunjukkan tingkat penting atau ketergantungan.

8. List Infografis

Biasanya berbentuk daftar yang menggunakan visualisasi dan ikon untuk menyajikan informasi secara menarik dan mudah dicerna.

9. Infografis Lanjutan

Jenis ini menggabungkan konten yang lebih mendalam dan detail tentang topik tertentu, membantu pengguna untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang informasi yang disajikan.

POSTER

Pengertian Poster

Pengertian poster adalah suatu pengumuman ataupun iklan dalam bentuk gambar ataupun tulisan yang berisi mengenai himbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu dan umumnya poster tersebut akan ditempelkan di dinding atau di tempat-tempat strategis yang kerap dilalui banyak orang dan juga mudah untuk dibaca.

Adapun pengertian lain dari poster yaitu media pemberitahuan suatu gagasan, ide, ataupun hal penting kepada khalayak umum. Poster adalah karya seni hasil desain grafis yang mengandung teks, gambar, atau keduanya yang bertujuan untuk memberikan pesan atau informasi pada masyarakat.

Umumnya, poster ditempel pada media datar seperti dinding ataupun permukaan yang datar. Poster tersebut berisi warna-warna dan juga gambar yang mencolok dan kalimat dalam bentuk slogan. Akan tetapi, tidak hanya berbentuk cetak, di zaman sekarang poster banyak yang dipakai dalam bentuk digital.

Tujuan Poster

Jika fungsi dari poster sendiri adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi, maka tujuan poster yaitu untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan dipahami dengan baik oleh para pembacanya. Berikut ini adalah beberapa tujuan adanya poster, antara lain:

  1. Masyarakat menjadi lebih tahu mengenai kegiatan ataupun acara yang akan dilaksanakan. Misalnya saja ada kegiatan bazar, peringatan kemerdekaan, dan juga donor darah.
  2. Menjadikan jasa ataupun produk kita menjadi lebih dikenal dan juga digunakan oleh masyarakat luas.
  3. Mengingatkan kepada masyarakat mengenai berbagai hal yang seharusnya dilakukan. Misalnya saja ajakan untuk menerapkan hidup sehat dan juga menjaga kebersihan lingkungan, menghemat air, dan lain sebagainya.
  4. Mengingatkan kepada masyarakat untuk menghindari berbagai macam hal yang merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Misalnya saja berhenti merokok, jangan membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Poster

Poster sendiri mempunyai berbagai jenis yang bervariasi berdasarkan isi dan juga tujuan pembuatannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis poster, antara lain:

1. Jenis Poster Berdasarkan Isinya

Jika dilihat berdasarkan isi yang ada di dalam poster, poster sendiri dibagi menjadi empat jenis, yakni poster kegiatan, poster pendidikan, poster niaga, dan poster layanan masyarakat. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

a. Poster Kegiatan

Poster kegiatan adalah poster yang berisi mengenai informasi pada suatu kegiatan yang akan diselenggarakan, agar kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan agar orang-orang tersebut ikut hadir dan meramaikan kegiatan tersebut.

b. Poster Pendidikan

Poster pendidikan adalah poster yang berisi mengenai informasi yang bisa memberikan pengarahan ataupun pendidikan kepada masyarakat.

c. Poster Niaga

Poster niaga adalah poster yang berisi mengenai penawaran atau promosi suatu produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

d. Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah poster yang berisi mengenai informasi tentang layanan-layanan kepada masyarakat, seperti misalnya poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

e. Poster Karya Seni

Poster ini bersifat ekspresif dan belum tentu bisa diartikan sama antara satu orang dengan orang lainnya.

2. Poster Berdasarkan Tujuannya

a. Poster Propaganda

Poster propaganda adalah salah satu poster yang bertujuan untuk memberikan semangat atau motivasi kepada masyarakat. Umumnya, hal itu bertujuan agar mereka tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lainnya, bisa dikatakan juga bahwa poster yang satu ini adalah poster yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain.

b. Poster Kampanye

Poster kampanye biasanya sering muncul pada saat masa-masa pemilu. Dimana poster ini bertujuan untuk meraih simpati masyarakat umum sebanyak mungkin supaya mereka memilih orang yang ada di dalam poster saat pemilu tiba.

c. Poster Afirmasi

Poster afirmasi adalah poster yang memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang bisa mempengaruhi pikiran mereka.

d. Poster “Dicari”

Ini adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mencari seseorang atau benda yang dibutuhkan. Misalnya saja, poster perusahaan yang mencari pekerja, poster yang menampilkan orang hilang, poster yang menampilkan barang hilang dan lain sebagainya.

e. Poster Film

Poster film adalah salah satu poster yang bertujuan untuk mempromosikan film terbaru yang akan tayang dengan maksud agar masyarakat tertarik untuk menontonnya.

f. Poster Komik

Poster komik adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum ataupun banyak orang agar tertarik untuk membacanya.

g. Poster “Cheesecake”

Ini adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum. Umumnya poster ini berisi gambar-gambar orang terkenal seperti penyanyi, artis, dan lain sebagainya yang bisa menarik perhatian orang banyak.

h. Poster Riset

Poster riset adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait kegiatan penelitian atau riset kepada banyak orang. Umumnya poster ini sering kita temui di sekolah atau kampus.

i. Poster Komersial

Poster komersial adalah jenis poster yang bertujuan untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Jenis poster ini seringkali disebut dengan poster niaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *